Karakteristik
situasi krisis
Secara umum karakter pasien
dibedakan mejadi 2 tipe. Yang cenderung ingin mencari informasi lebih jelas
–information seeking- dan ada yang tidak begitu mementingkan
penjelasan dokter –non information seeking-. Para pasien yang jenis
kedua hampir jarang ditemukan di era saat ini. Mungkin yang masih ada di
pedesaan yang pendudukny masih polos, kalangan yang latar pendidikannya
kurang, para pasien yang sudah terlampau percaya pada dokternya
atau terlanjur menganggap therapi yang diberikan dokter
selalu cocok dengan segala macam gejala penyakit yang dikeluhkan. Mereka
tidak terlalu peduli apa nama penyakitnya, bagaimana bisa terjadi,
bagaimana kemungkianan sembuh dan lain-lain. Sudah cukup dengan diberikan obat
, menerima nasehat mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Begitu
saja, tidak lebih.
Berbeda dengan yang kedua di atas, para pasien
golongan pencari informasi akan lebih aktif bertanya kepada dokternya. Mereka
belum merasa puas kalau dokter belum bisa atau pun belum sempat menjawab
pertanyaan mereka. Didasari juga oleh pengaruh psikis, golongan pasien ini dibedakan
lagi antara yang bisa menerima penjelasan dokter secara proporsional dan ada
juga yang bertype agak ‘ngeyel’. Mereka yang rada cerewet ini terkadang belum
cukup menerima sekali penjelasan dokter, banyak mengajukan pertanyaan yang
sama, lebih banyak mengungkapkan keluhan dibanding mendengar informasi
dokternya.
Source :
0 komentar:
Posting Komentar